Animasi Jagoan Disney Yang Ke OSCAR

Seperti yang kita tau, Disney adalahs alah satu studio film yang memiliki banyak sekali film bekualitas. Kebanyakan film dari Disney memang mengambil gambaran kartun atau animasi, yang di peruntukan untuk semua umur. Tapi, bukan Disney namanya kalau tidak menyisipkan pesan moral pada setiap filmnya. Beberapa film Disney mendapatkan banyak ulasan bagus, dan tak jarang beberapa di antaranya masuk dalam nominasi OSCAR.

OSCAR adalah penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri perfilman. Berbagai kategori pemenang diberikan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit, yang lebih dikenal dengan julukan OSCAR.

Sejarah Singkat OSCAR

Melansir laman resmi OSCAR, lahirnya Piala OSCAR dimulai saat kepala studio M-GM-M Louis B. Mayer dan tamu-tamunya berdiskusi tentang pembuatan sebuah kelompok yang terorganisir untuk memberi manfaat bagi industri film pada tahun 1927.

Upacara penganugerahan Academy Awards pertama diadakan pada 16 Mei 1929, dalam suatu acara makan malam pribadi di Hotel Hollywood Roosevelt yang dihadiri oleh sekitar 270 orang. Perayaan pasca-penganugerahan diadakan di Mayfair Hotel. Biaya tiket tamu untuk acara malam itu adalah $5 ($73 pada 2020). Lima belas piala dianugerahkan, untuk menghormati seniman, sutradara dan para pekerja industri perfilman pada saat itu, atas karya mereka selama periode 1927–28. Perayaan ini berlangsung selama 15 menit.

Pemenang diumumkan ke media tiga bulan sebelumnya. Hal tersebut diubah pada upacara penghargaan kedua pada tahun 1930. Sejak saat itu, selama sisa dekade pertama, hasilnya diberikan kepada surat kabar untuk diterbitkan pada pukul 11:00 malam pada malam penghargaan.

Metode ini digunakan sampai tahun 1940, ketika Los Angeles Times mengumumkan para pemenang sebelum upacara dimulai; Akibatnya, Akademi, sejak 1941, menggunakan amplop tertutup untuk mengumumkan nama-nama pemenangnya. Piala Oscar disiarkan secara internasional untuk pertama kalinya pada tahun 1969. Hingga kini, siaran ini dapat disaksikan oleh penggemar film dari 200 negara di dunia.

 

Masuk Nominasi OSCAR

Academy of Motion Picture Arts and Sciences selalu resmi merilis daftar nominasinya sebelum hari H. Platform streaming seperti Netflix, Amazon Prime, Hulu, dan Disney Plus pun akan bersaing ketat untuk membawa pulang piala OSCAR di sejumlah kategori bergengsi. Beberapa film yang masuk kategori juga sudah pasti mempromosikannya lewat sosial media.

Beberapa film di bawah ini adalah yang terbaik yang pernah amsuk nominasi Animasi terfavorit dan terbaik pada penghargaan piala OSCAR tahunan. Tentu saja film ini juga bersaingan dengan nominasi dari studio lain yang tak kalah bagus.

  • Inside Out

Disney Pixar merilis film berjudul Inside Out. Dalam film tersebut, seorang gadis muda bernama Riley harus pindah ke seluruh negeri karena ayahnya mendapat pekerjaan baru. Ketika dia dicabut dari kehidupannya yang sederhana di Midwestern dan dibawa ke hiruk-pikuk San Francisco, emosinya-yaitu, Joy, Fear, Anger, Disgust, dan Sadness-berjuang untuk mengatasi efek dari langkah itu pada Riley. “Inside Out” mendominasi Annie Awards dengan 10 kemenangan dalam 14 kategori. Itu juga memenangkan piala film animasi terbaik di BAFTA.

Inside Out mengambil emosi karakter utamanya dan menempatkan mereka di depan dan di tengah sebagai bintang sejati dari keseluruhan film, menghadirkan representasi jujur dari kesehatan mental anak-anak, terutama ketika dihadapkan dengan peristiwa serius yang mengubah hidup seperti bergerak melintasi negara, berkenalan dengan orang baru, melihat situasi di tempat baru yang mungkin memiliki culture yang berbeda dan juga bagaimana berdamai dengan diri sendiri.

 

  • UP

Film ini memiliki ciri khas dengan sampulnya yang iconic. Up sendiri memiliki julukan “Opening Film Paling Sedih Sepanjang Masa”. Salah satu animasi yang menceritakan tentang impian, dimana film ini menyentuh banyak kalangan dengan pesan moralnya.

Film ini pun dinominasikan untuk 4 kategori lainnya, yaitu Film Animasi Terbaik, Musik Orisinal Terbaik, Naskah Orisinal Terbaik, dan Penyuntingan Suara Terbaik. Pada tanggal 8 Maret 2010, film ini berhasil memenangkan dua di antara lima nominasi tersebut Up kembali memboyong Piala Oscar yang ke-82 dengan mengalahkan beberapa judul seperti Coraline, Fantastic Mr. Fox, The Princess and the Frog, danThe Secret of Kells. Selain itu, Up yang rilis Juli 2009 ini juga menjadi salah satu karya Pixar terbaik sepanjang masa.

  • COCO

Salah satu film keluaran Disney yang di kerjakan lumayan lama. Film ini rilis pada 2017. COCO memiliki jalan cerita yang terlihat umum, tapi memiliki nilai kekeluargaan yang realistis. Meski film ini keseluruhannya di peruntukan untuk anak-anak, COCO memiliki “magic touch” untuk orang dewasa. Berkisah tentang anak berusia 12 tahun bernama Miguel Rivera yang bermimpi untuk menjadi musisi berprestasi seperti idolanya Ernesto de la Cruz. Miguel tidak didukung keluarganya karena suatu alasan.

Putus asa untuk membuktikan bakatnya, Miguel menemukan dirinya berada di Tanah Mati yang menakjubkan dan penuh warna. Ia bertemu dengan dua teman baru untuk memulai sebuah perjalanan yang luar biasa demi membuka kisah sebenarnya di balik sejarah keluarga Miguel. Film ini memiliki soundtrack, Remember Me yang berhasil menggaet penghargaan Academy Awards untuk lagu original terbaik!

 

  • WALL-E

Film ini adalah salah satu yang terbaik keluaran Disney Pixar. Dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernama WALL•E. Film ini dirilis pada tanggal 27 Juni 2008. Background dalam film ini sangat unik, dimana bumi tidak lagi di huni oleh manusia karena penuh dengan sampah. Manusia yang tersisa pun, tinggal di sebuah kapal luar angkasa. Film ini memiliki konflik yang unik. Hadir dengan minim dialog, film ini mampu mengalahkan sederet judul seperti Bolt dan Kung Fu Panda di Academy Award ke-81.

Ketika Wall-E pertama kali diputar di bioskop, Pixar telah memantapkan diri mereka sebagai animator kompeten yang dapat menangani CGI jauh lebih baik daripada apa pun yang mampu dilakukan Dreamworks atau Blue Sky pada saat itu. Namun, itu memukau kritikus dan penonton ketika mereka melihat bahwa kualitas animasi di Wall-E jauh lebih baik daripada film apa pun yang datang sebelumnya.

  • Brave

Film ini menambah list salah satu Disney princess, Merida. Rilis tahun 2012, film ini mengisahkan tentang seorang putri kerajaan yang juga pemanah ulung. Merida adalah putri tertua Raja Fergus dan Ratu Elinor di Skotlandia. Merida ingin membuktikan kemampuannya sebagai pahlawan, meskipun ia harus melanggar tradisi keramat para dewa. Pelanggaran ini membuat kerajaan kacau balau, dan sebuah kutukan besar menimpa kerajaan. Pixar kembali menunjukkan kemampuannya di Oscar ke-85. Selain memenangkan Academy Award, Brave juga unggul di Golden Globe dan juga BAFTA Award.

Mengapa kamu harus menonton Brave?
Brave mendobrak cetakan Disney dengan berfokus pada hubungan ibu-anak yang rumit, sesuatu yang sebagian besar wanita muda dapat hubungkan. Dan, alih-alih berakhir dengan Merida naik ke matahari terbenam dengan seorang pria gagah yang juga menyukai panahan, adegan terakhir berfokus pada kegembiraan yang dia temukan dengan akhirnya terikat dengan ibunya.

  • Frozen

Frozen menjadi salah satu film keluaran Disney, yang memiliki peringkat waralaba tersukses. Film fantasi musikal dengan background cerita magical dan kekeluargaan, mengisahkan tentang Putri Elsa. Di Arendelle, ia satu-satunya orang yang memiliki kekuatan sihir sejak lahir. Dengan konflik kerajaan dan internal, Frozen menjadi favorit banyak orang semenjak perilisannya pada 2013. Film ini berhasil menggondol banyak penghargaan seperti Golden Globe, BAFTA Award, Annie Awards, Grammy Awards, dan juga Critics’ Choice Movie Awards.

Mengapa Frozen Film Disney Terbaik?

Tapi humor di Frozen sepertinya bekerja lebih baik secara keseluruhan. Dinamika antara Kristoff dan rusa kutubnya, Sven, sangat menghibur. Karakter yang mengolok-olok kepicikan Anna, serta kecanggungannya sendiri, selalu bagus untuk tertawa, meta, dan lainnya. Tapi Olaf adalah sumber sebenarnya dari humor hebat di Frozen.

 

  • Big Hero 6

 

Big Hero memiliki cerita persahabatan yang kompleks, plot twist dengan dialog yang di tujukan untuk semua umur. Film besutan sutradara Chris Williams dan Don Hall ini memboyong piala OSCAR ke 87 untuk kategori Animasi. Film ini mengalahkan How to Train Your Dragon 2, Song of the Sea, danThe Tale of the Princess Kaguya.

Teknologi seperti Baymax di kehidupan nyata sepertinya juga menjadi hal yang serius. Co-lead Big Hero 6 adalah Baymax, robot vinil tiup yang dirancang untuk memberikan semua jenis perhatian medis. Dia diprogram dengan 10.000 prosedur medis, dapat melakukan pemindaian diagnostik seluruh tubuh manusia mana pun dalam dua detik, dan tidak akan dinonaktifkan sampai pasien ditolong. Di antara para ahli robotika yang dikonsultasikan oleh pembuat film adalah Chris Atkeson, seorang profesor di Institut Robotika dan Institut Interaksi Manusia-Komputer di CMU. Di CMU, mereka belajar “robot lunak” dengan tujuan seperti Baymax sedang dalam pengembangan dan suatu hari nanti bisa ada. Atkeson dan mantan rekannya Siddharth Sanan telah menghabiskan 14 tahun terakhir mengeksplorasi penggunaan robot seperti Baymax, khususnya di bidang perawatan kesehatan.

 

Semua anggota voting memilih pemenang. Dalam 22 dari 23 kategori, orang dengan suara terbanyak adalah pemenangnya. Tetapi ketika datang ke penghargaan film terbaik yang didambakan, para pemilih Oscar sejak 2009 menggunakan sistem pemungutan suara preferensial yang rumit di mana mereka mengurutkan film dari yang paling favorit hingga yang paling tidak favorit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.