Musisi Menang Grammy

Ini Dia 5 Musisi Legendaris Tidak Pernah Menang Grammy

Ini Dia 5 Musisi Legendaris Tidak Pernah Menang Grammy – Penghargaan musik Grammy (ditulis sebagai GRAMMY, awalnya disebut Gramophone Award), atau hanya Grammy, adalah penghargaan yang diberikan oleh Recording Academy untuk mengakui “Prestasi Luar Biasa dalam industri musik” Amerika Serikat.

Trofi itu menggambarkan gramofon berlapis emas. Grammy adalah yang pertama dari penghargaan musik utama jaringan Tiga Besar yang diadakan setiap tahun (sebelum Billboard Music Awards di Musim Panas, dan American Music Awards di Musim Gugur).

Grammy dianggap sebagai salah satu dari empat penghargaan hiburan tahunan utama Amerika, bersama dengan Academy Awards (untuk pencapaian film), Emmy Awards (untuk pencapaian televisi), dan Tony Awards (untuk pencapaian teater dan Broadway).

Grammy Awards

Grammy Awards kerap dijadikan standar puncak sebuah pengakuan dunia atas musikalitas seorang penyanyi atau musisi. Ini karena Amerika Serikat hingga saat ini, masih dianggap sebagai kiblat musik dunia & industri musiknya sangat sulit ditaklukkan, terutama oleh musisi non-Amerika.

Meski begitu, ternyata ada banyak sederet musisi legendaris yang kepopuleran dan musikalitasnya tak terbantahkan, tapi nyatanya tak pernah mendapatkan piala Grammy sepanjang karier mereka. Kalaupun ada, mereka mendapatkan lewat jalur piala “penghormatan”.

Grammy Awards dikenal di seluruh dunia karena keanehannya dan, dalam beberapa kasus, pilihan yang benar-benar membingungkan dalam hal mengenali kehebatan dalam musik.

Dalam beberapa tahun terakhir The Recording Academy, badan pengelola yang menominasikan artis musik, mendapat kecaman karena kurangnya keragaman dalam nominasi mereka.

Musisi Legendaris, Tidak Pernah Menang Grammy

  • Snoop Dogg

Ada total 17 nominasi Grammy Awards yang pernah diterima Snoop Dogg sejak doi lahir 1971 hingga tahun ini. Tapi, engga ada satupun yang dimenangin.

Snoop cuma bisa bilang F-you buat para panitia Grammy dan move on berkarya. Snoop termasuk salah satu rapper berpengaruh yang sering dipilih sebagai artis fitur diberbagai video klip. Doi juga pernah bikin album terlaris karena “The Doggfather” (1996) mampu raih double platinum dalam setahun.

  • Katty Perry

Musisi satu ini juga termasuk terkenal dan punya sangat banyak penggemar. Katy Perry yang selalu punya video klip unik, penampilan live memorable, suara bagus, dan album paling laris, tapi ia belum pernah menang Grammy.

Total nominasi yang diterima ada 13 dan biasanya bersaing sama Adele. Tahun 2016 emang bukan tahunnya Perry, karena ia sedang rehat dari dunia musik. Ia come back ketika meluncurkan Single “Chained to the Rhythm,” Februari ini dan tampil jadi live performer Grammy.

  • QUEEN

Lagu legendaris “Bohemian Rhapsody” hingga “We Are The Champions” hingga sekarang bahkan masih terus terdengar dari berbagai acara perhelatan dunia, misalnya Liga Champion.

Namun siapa sangka, band Inggris yang digawangi Freddie Mercury ini tidak pernah berhasil memenangkan Grammy meskipun masuk sebagai nomine sebanyak empat kali pada tahun 1990-an. Meski begitu, pada 2008, Queen dilantik ke dalam Grammy Hall of Fame, yang diberikan kepada artis yang telah berdiri selama 25 tahun dan punya pengaruh besar. Mereka juga menerima Grammy Lifetime Achievement Award pada 2018.

  • Bob Marley

Ikon reggae, warisan Bob Marley tidak menunjukkan tanda-tanda memudar. Artis kelahiran Jamaika yang meninggal pada tahun 1981, tetap menjadi salah satu seniman musik paling ikonik dan dicintai di dunia.

Dikreditkan dengan mempopulerkan musik reggae, Marley telah menjadi simbol budaya Jamaika. Album “Legend” Marley telah terjual lebih dari 15 juta kopi. Karyanya masih terjual antara 3.000 hingga 5.000 eksemplar setiap minggu, 35 tahun setelah dirilis. Dia juga dinominasikan pada tahun 2001 dan 2002 untuk Film Musik Terbaik dan Kolaborasi Pop Terbaik dengan Vokal secara anumerta, tetapi dia tidak menang dalam kategori tersebut.

  • The Who

Mereka termasuk di antara grup musik pertama yang menggunakan synthesizer dalam struktur rock tradisional, yang benar-benar mengubah suara genre.

Album mereka Quadrophenia adalah nomor 2 di The Billboard Pop Music Chart pada tahun 1973 dan Mereka adalah band pertama yang memperkenalkan penggunaan suara non-musik ke dalam rekaman musik. Terlepas dari kontribusi mereka ke dunia musik, mereka tidak pernah menerima nominasi Grammy, meskipun grup ini menerima Lifetime Achievement Award pada tahun 2001. Mereka juga merupakan bagian dari Grammy Hall of Fame.

 

Penghargaan musik Grammy (ditulis sebagai GRAMMY, awalnya disebut Gramophone Award), atau hanya Grammy, adalah penghargaan yang diberikan oleh Recording Academy untuk mengakui “Prestasi Luar Biasa dalam industri musik” Amerika Serikat. Trofi itu menggambarkan gramofon berlapis emas.

Grammy adalah yang pertama dari penghargaan musik utama jaringan Tiga Besar yang diadakan setiap tahun (sebelum Billboard Music Awards di Musim Panas, dan American Music Awards di Musim Gugur).

Mereka juga telah dikritik karena ketidakmampuan mereka, untuk mengenali genre musik baru. Bahkan dengan rekam jejak nominasi aneh, penghinaan yang luar biasa, dan pemenang cookie-cutter, banyak orang terkejut mengetahui ada banyak artis musik yang termasuk legendaris, tidak pernah memenangkan Grammy.

Tahun 2020 lalu saja Grammy di anggap tidak adil kepada beberapa musisi pendatang baru termasuk pada musisi ASIA, yang bahkan telah mencetak rekor besar. Ada kemugkinan tahun ini tidak terulang lagi, tapi sudah ada banyak musisi yang tidak begitu menyukai sistem penghargaan Grammy.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.