Sutradara Wanita ASIA Pertama Yang Menang OSCAR

Sutradara Wanita ASIA Pertama Yang Menang OSCAR – Sutradara adalah profersi yang penting sekali dalam dunia per-film an. Selain menjadi aspek artisik, ia juga menjadi penangung jawab set produksi dai A-Z.

Pada saat proses produksi, sutradara akan mengarahkan akting para aktor dan aktris, juga kru film mulai dari posisi pengambilan gambar, pencahayaan, suara, dan sebagainya. Dalam hal ini sutradara harus memastikan jika timnya benar-benar bekerja secara profesional.

Gaji seorang sutradara di Indonesia sendiri berkisar sekitar 10-40 juta tergantung film yang di kerjakan, rumah produksi dan juga Universitas tempatnya mengeyam pendidikan, bahkan bergantung juga dengan banyaknya promosi yang ia dapatkan dalam satu judul film.

CHOLE ZHAO JADI SUTRADARA ASIA PERTAMA YANG MENANG OSCAR

Sebelum kenalan dengan Chole Zhao, kita harus memahami perbedaan antara produser dengan sutradara film. Produser film mengelola sisi bisnis dari proses produksi, sementara sutradara lebih menangani aspek kreatif yang diperlukan oleh film.

Karena ada banyak divisi yang bergerak untuk memproduksi film, biasanya sebuah produksi memerlukan banyak produser untuk masing-masing departemen yang ada.

Sementara, hanya ada satu sutradara yang membuat sebagian besar keputusan kreatif, tentunya dengan bantuan staf ahli lainnya sepertiĀ sinematografer.

Chole Zhao Sehebat Apa?

Sutradara Nomadland Chloe Zhao membuat sejarah di Oscar 2021 Minggu malam, menjadi wanita kulit berwarna pertama yang memenangkan Sutradara Terbaik dalam 93 tahun sejarah institusi tersebut. Dia adalah wanita kedua yang menerima penghargaan tersebut, setelah kemenangan Kathryn Bigelow untuk The Hurt Locker pada tahun 2010.

Dalam pidato penerimaannya, Zhao berbicara tentang ingatannya yang tumbuh di Tiongkok dan membacakan bagian dari puisi berjudul Tiga Karakter Klasik dalam bahasa Mandarin. Kutipan tersebut diterjemahkan sebagai “orang yang lahir pada dasarnya baik.”

Di kutip dari majalah TIME, kemenangan Oscar yang mendahului kemenangan Nomadland untuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik (untuk Frances McDormand), mengikuti berita serupa di Golden Globes untuk Zhao, yang lahir di Beijing, dan menjadi wanita Asia pertama yang menerima penghargaan itu juga.

Pada malam yang sama, Yuh-Jung Youn menjadi aktor Korea pertama yang memenangkan Academy Award untuk perannya di Minari. Kedua yang pertama ini adalah tonggak sejarah, terutama mengingat sejarah panjang Hollywood dalam fetishizing, stereotyping atau mengecualikan wanita Asia di depan kamera, dalam lebih dari sembilan dekade, Academy Awards telah mengakui kurang dari dua lusin artis Asia dalam kategori akting.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *